Hilangnya nilai lokal keindonesiaan, jadilah kids zaman now yang positif !






Sejak lama masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang santun, ramah dan selalu menyelesaikan masalah dengan musyawarah-mufakat. 

Kini keadaan itu telah hilang ditelan zaman. Apakah karena masyarakat zaman now ? kenapa ya hal ini bisa terjadi? :(

Bila kita bedakan anak anak di zaman dulu yang sopan santun dan selalu hormat kepada siapapun dibanding anak zaman now yang “berani” sekali kepada siapapun, jangankan kepada teman nya yang ia sendiri dengan gampangnya berkelahi, menghina, membully, dengan orang tua nya saja sudah tidak punya rasa hormat.

Rasanya jika dipikirkan hal ini sangat menyanyat hati. Banyak remaja sekarang kita lihat nongkrong nongkrong di club malam, seks bebas, narkoba, tauran, banyak nya begal yang justru pelakunya adalah remaja.

Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor :

1. Lingkungan

Lingkungan merupakan hal yang utama dalam pengaruh psikologis dan prilaku anak, dengan siapa ia bergaul, bagaimana lingkungan keluarga mendidiknya.

2. Teknologi yang semakin canggih

Sekarang siapa sih yang ga punya smartphone? Di mana semua anak bisa mengakses informasi apapun melalui benda ini, sayangnya mereka tidak tahu mana informasi yang baik dan yang buruk, serta tidak bisa memanfaatkan informasi dengan baik. Pengawasan orang tua yang minim juga bisa membahayakan bagi perkembangan anak.

3. Kurangnya ilmu agama

Banyak remaja yang tidak peduli dengan ilmu agama mereka, me-nomor dua kan pengetahuan agama, padahal ilmu agama adalah pedoman dia dalam menjalani hidup agar lebih terarah. 






Salah satu alternatif penyelesaian masalah ini agar tidak terjadi lagi di masa yang akan datang adalah dengan menghidupkan kembali nilai-nilai lokal masyarakat Indonesia tentang budaya dan sopan santun serta menghidupkan nilai tradisi yang berasal dari agama-agama dan keyakinan yang ada di Indonesia. 


Anak – anak zaman sekarang atau lebih dikenal kids zaman now sejatinya adalah penerus bangsa ini, mereka yang akan memperbaiki kehidupan bangsa ini, mereka yang memimpin negara ini, namun seakan itu sirna jika kita melihat remaja yang salah arah.

Namun tidak sedikit juga remaja yang berprestasi, memanfaatkan informasi dengan baik, mengembangkan diri kearah hal yang positif.

Sangat disayangkan jika kita men-judge anak zaman sekarang kearah hal hal yang negatif kids zaman now” “generasi mecin”, karena masih banyak anak anak zaman sekarang khususnya di indonesia yang mempunyai prestasi luar biasa!!


Baca lebih lanjut yuu, klik link di bawah ini ya.

sumber :

Comments