Layanan Referensi di Perpustakaan Utama UIN Jakarta






Kali ini kita akan membahas tentang salah satu layanan yang ada di Perpustakaan UIN JAKARTA nih, yaitu layanan yang biasanya kamu butuhkan kalo kamu lagi cari-cari koleksi yang cocok sama apa kebutuhan kamu, kalo kamu ada pertanyaan seputar perpustakaan, koleksi atau informasi lainnya kamu bisa tanya ke layanan ini, pasti udah tau kan ? yaitu LAYANAN REFERENSI.



Layanan Referensi di Perpustakaan Utama UIN JAKARTA
1)      Jumlah Koleksi Referensi Sumber-sumber referensi yang dikoleksi Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah antara lain: sumber biografi, bibliografi, sumber geografi, indeks, abstrak, direktori, kamus, ensiklopedia, almanak, dan sumber-sumber referensi lainnya. Jumlah koleksi yang ada di layanan referensi adalah 2738 judul, yang terdiri dari 599 judul koleksi referensi Islam dan 2139 judul koleksi referensi umum.
2)      Jenis-jenis Layanan Referensi yang ditawarkan Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki dua jenis layanan referensi yaitu layanan referensi koleksi Islam dan layanan referensi koleksi umum. Layanan referensi terletak di lantai 5 gedung Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
3)       Prosedur pemberian Layanan Referensi Koleksi referensi tidak boleh dipinjamkan melainkan hanya boleh dibaca ditempat dan bagi anggota yang sangat memerlukan informasi dari koleksi referensi maka diperbolehkan meminjam koleksi referensi tersebut untuk difotokopi dalam waktu maksimal satu jam, dengan syarat mengisi formulir yang disediakan dan meninggalkan kartu anggota/kartu identitas yang masih berlaku.

Pustakawan referensi di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hanya ada satu orang saja. Namun bukan berarti semua pertanyaan referensi ditangani oleh satu orang saja. Bagi pustakawan lainnya tentunya dipersilahkan untuk dapat membantu menjawab pertanyaan referensi. Walaupun tidak ada papan informasi yang menjelaskan keberadaan pustakawan referensi, pemustaka sudah mengetahui bahwa pustakawan yang menempati lantai 5 (ruang layanan referensi) akan membantu menjawab pertanyaan referensi.
Hingga saat ini pelayanan referensi di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masih bersifat manual. Layanan referensi baru sebatas bertemu langsung antara pemustaka dan pustakawan. Belum ada fasilitas berupa call centre atau e-mail yang bisa digunakan pemustaka sebagai sarana bertanya kepada pustakawan referen.
Kegiatan pustakawan referensipun hanya sebatas memberitahukan informasi letak koleksi referensi yang sedang diperlukan oleh pemustaka. Selanjutnya pemustaka sendiri yang akan mencari informasi yang diperlukannya tersebut. Kegiatan seperti ini dikenal dengan penelusuran informasi.


Nah, jadi itu dia yang udah kita ketahui sedikit tentang layanan referensi di Perpustakaan UIN JAKARTA. Mau tau lebih banyak ? mending kita ke sumber aslinya aja yu!

Sumber :

Comments